Pages

Thursday, April 18, 2013

sejarah perkembangan islam di indonesia



Tahukah Anda tentang sejarah kebudayaan Islam di Indonesia?. Sejarah awal masuknya Islam di sejumlah daerah di Indonesia sangatlah beragam. Indonesia adalah negara Muslim terbesar di dunia. Mereka terkenal dengan sifapnya yang toleran dan moderat. Walisongo merupakan tokoh penyebar agama Islam yang terkenal di tanah jawa yang beranggotakan Sembilan wali. Berikut ini penjelasan singkat tentang walisongo.
Sejarah kebudayaan Islam di mulai dari munculnya Walisongo yang merupakan Sembilan orang wali, mereka mempunyai hubungan yang erat, baik hubungan darah ataupun hubungan guru-murid. Diantaranya adalah: Sunan Gunung Jati, Sunan Muria, Sunan Kudus, Sunan Kalijaga, Sunan Dradjad, Sunan Bonang, Sunan Giri, Sunan Ampel dan Maulana Malik Ibrahim.
Penyebaran sejarah kebudayaan Islam di mulai oleh Maulana Malik Ibrahim, beliau merupakan wali yang pertama kali menyebarkan Islam di Indonesia. Maulana Malik Ibrahim mempunyai keponakan yang bernama Sunan Giri dan mempunyai seorang anak yang bernama Sunan Ampel. Sehingga Sunan Giri adalah sepupu Sunan Ampel. Sunan Ampel memiliki 2 orang putra, yakni Sunan Dradjad dan Sunan Bonang. Sunan Bonang memiliki murid yang bernama Sunan Kalijaga dan Sunan Kalijaga memiliki murid yang bernama Sunan Kudus. Dan tak ketinggalan juga Sunan Gunung Jati juga bersahabat dengan Sunan yang lainnya dan Maulana Malik Ibrahim lebih dulu wafat.

Kesembilan wali tersebut hidup pada abad ke 15-16 di pantai utara Jawa. Mereka melakukan penyebaran Kebudayaan Islam di 3 wilayah penting, yaitu Cirebon, Muria di Jawa Tengah, Kudus, Demak, Lamongan Di Jawa Timur, Surabaya dan Gresik. Walisongo menyebarkan Islam dengan berbagai macam cara melalui berniaga, bercocok tanam, kesehatan, kemasyarakatan, kebudayaan dan kesenian hingga pemerintahan. Dan saat itu pula mereka menjadi pembaharu masyarakat pada masanya dan mengukir sejarah yang baru dalam kebudayaan Islam.
Dan sejarah kebudayaan Islam selanjutnya berawal dari Sunan Bonang, Sunan Giri, Sunan Kudus dan Sunan Kalijaga adalah pencipta karya seni Jawa yang masih terkenal sampai sekarang. Dan Sunan Muria merupakan pendamping sejati kaum miskin. Tidak hanya menjadi ulama saja, tetapi Sunan Gunung Jati dan Sunan Giri juga menjadi pemimpin pemerintahan dan penyebaran Islam berkembang di seluruh wilayah Jawa Timur. Sehingga didirikan 2 institusi pendidikan yaitu Pesantren Giri dan Pesantren Denta di wilayah Jawa Timur.

No comments:

Post a Comment

Jika anda menyukai artikel ini, mohon dikomentari dengan cara yang sopan dan santun.