img.keutamaan hari arafah/bundadontworry.wordpress.com
Padang Arafah
 Hari Arafah adalah hari disempurnakan dien dan dicukupkan nikmat, hari pengampunan dosa, dan terbebas dari neraka.
Bagi jamaah haji, khususnya, harus memahami keutamaan hari Arafah dan keistimewaannya sehingga Allah swt melebihkannya atas hari-hari lainnya.
Selanjutnya memahami petunjuk Nabi saw pada hari tersebut.

Kita memohon kepada Allah agar menyelamatkan kita dari api neraka pada hari yang agung ini.
Keutamaan hari Arafah
1. Hari Arafah adalah hari disempurnakannya dien dan dicukupkan nikmat. Dalam Shahihain, dari Umar bin Khathabradliyallah ‘anhu, ada seorang laki-laki Yahudi berkata kepadanya:
“wahai amirul mukminin, ada satu ayat dalam kitab kalian yang kalian baca, kalau ayat itu diturunkan kepada kami, orang-orang Yahudi, pasti kami menjadikan hari diturunkannya itu sebagai hari raya.” Umar radliyallah ‘anhu berkata: “ayat yang mana itu?” Dia menjawab:
“Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridai Islam itu jadi agama bagimu.” (QS. Al-Maidah: 3)
Umar menjawab: “kami mengetahui hari dan tempat diturunkannya  ayat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, pada saat itu beliau berada di Arafah pada hari Jum’at.”
2. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Hari Arafah, hariNahr (penyembelihan), dan hari-hari tasyriq adalah hari raya kita orang Islam, hari makan-makan dan minum-minum.” (HR. Ahlus Sunan)
Diriwayatkan dari Umar bin Khathab radliyallah ‘anhu, beliau berkata: “satu ayat yang diturunkan pada hari Jum’at dan hari Arafah, keduanya, bihamdillah, sebagai hari raya untuk kita.”
3. Allah bersumpah dengan hari Arafah.
Dzat yang Mahaagung tidak akan bersumpah kecuali dengan yang agung pula. Itulah hari yang disaksikan dalam firman-Nya:
“Dan yang menyaksikan dan yang disaksikan.” (QS. Al-Buruj: 3)
Dari Abu Hurairah radliyallah ‘anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
Al-Yaumul Mau’ud (hari yang dijanjikan) adalah hari kiamat, Al-Yaumul Masyhud (hari yang disaksikan) adalah hari Arafah, sedangkan Asy-Syahid (yang menyaksikan) adalah hari jum’at. (HR. Tirmidzi dan dihasankan oleh al-Albani).
Itulah hari Witr (ganjil) yang Allah bersumpah dengannya, “Dan yang genap dan yang ganjil.” (QS. Al-Fajr: 3)
4. Puasa pada hari Arafah menghapuskan dosa dua tahun.
Diriwayatkan dari Abu Qatadah radliyallah ‘anhu, bahwa Rasulullah ditanya tentang puasa hari Arafah, beliau menjawab:
“Menghapuskan (dosa) satu tahun sebelumnya dan satu tahun sesudahnya.” (HR. Muslim).
Puasa ini disunnahkan bagi yang tidak melaksanakan ibadah haji.
Bagi jamaah haji tidak disunnahkan puasa Arafah.
Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tidak berpuasa pada hari itu.
Beliau pernah melarang puasa Arafah bagi orang yang berada di Arafah (jamaah haji yang sedang wukuf).
5. Pada hari Arafah itulah Allah mengambil perjanjian atas keturunan Adam.
Dari Ibnu Abbbas radliyallah ‘anhuma berkata: Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“sesungguhnya Allah telah mengambil perjanjian anak turun Adam pada hari Arafah. Allah mengeluarkan keturunannya dari sulbinya dan meletakkan di tangan-Nya, mereka laksana semut-semut kecil, kemudian Allah berbicara kepada mereka,
bukankah aku ini Tuhan kalian.
” Mereka menjawab: “
benar, kami menjadi saksi.” “Agar kalian pada hari kiamat tidak berkata, ‘Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)’ atau agar kalian tidak berkata, ‘Sesungguhnya orang-orang tua kami telah mempersekutukan Tuhan sejak dahulu, sedang kami ini adalah anak-anak keturunan yang (datang) sesudah mereka. Maka apakah Engkau akan membinasakan kami karena perbuatan orang-orang yang sesat dahulu?‘.” (QS. Al-A’raf: 172-173). (HR. Imam Ahmad dan dishahihkan oleh al-Albani).
Amalan yang disunnahkan bagi selain Jamaah haji:
1.    Puasa.
Puasa ini dianjurkan bagi yang tidak melaksanakan ibadah haji, adapun bagi jamaah haji maka tidak disunnahkan puasa, karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tidak puasa ketika hari Arafah. (HR Bukhari 1575, Muslim 1123).
2.    Takbir.
Takbir pada hari raya Idul Adha menurut pendapat yang benar dari kalangan ahli ilmu dimulai sejak fajar hari Arafah sampai akhir hari Tasyriq.
Salam